Ucok A: Mari Bersama Awasi Politik Uang di Pilbup 2020

Meranti, katakabar.com - Para Ketua RT dan RW yang tergabung dalam Forum Komunikasi RT dan RW se Kabupaten Meranti menggelar pertemuan, kemarin.

Pertemuan itu, membahas politik uang, pencegahan dan penguatan pengawasan guna mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, yang bersih dan demokratis.

"Sinergi dengan semua pihak kunci utama mencegah pelanggaran Pemilu, terutama politik uang. Saya nilai cuma kebersamaan Ketua RT dan RW dan tokoh masyarakat sebagai ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan dan memelihara ketertiban masyarakat dapat diwujudkan," kata Ketua forum komunikasi RT dan RW Kabupaten Meranti, Ucok Alexander kepada katakabar.com tadi malam.

Untuk itu ujar Ucok, diminta komitmen seluruh Ketua RT dan RW membangun komitmen menolak tawaran politik uang menjelang Pilkada yang dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang.

”Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Forum Komunikasi RT dan RW tegakkan keadilan pemilu,” tegas Ucok.

Dijelaskan Ucok, para Ketua RT dan RW berada di tengah masyarakat lebih cepat mengetahui berbagai informasi dan potensi. Kesadaran melawan money politik ini, sejalannya dengan fungsi RT dan RW dalam Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan, dalam menjaga dan menegakkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

”Jika ada terindikasi aktivitas bagi-bagi uang, mari kita antar kepada Bawaslu Kepualauan Meranti,”

Biarkan Bawaslu yang menindak, itu tugas kita biar Pilkada ini berjalan dengan bersih dan aman, tukasnya.

Oknum - oknum RT RW di Bengklis, Ada Apa!

"Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya", artinya, setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Begitu pula aturan di suatu daerah bisa berbeda dengan aturan di daerah lain.

Pepatah lama ini pas disematkan kepada daerah Kabupaten Bengkalis, terutama di daerah Duri meliputi empat kecamatan. Soalnya, dinilai oknum - oknum Ketua RT dan RW di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis berbanding terbalik dengan para Ketua RT dan RW di Negeri Sagu nama lain dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

Oknum - oknum Ketua RT dan RW berlomba diduga mendukung dan mengusung salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati peserta pada Pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten Bengkalis, bukan rahasia lagi bahkan oknum - oknum Ketua RT dan RW ada yang terang - terangan di tengah masyarakat.

"Kalau di Duri oknum - oknum Ketua RT dan RW ada mendukung dan mengusung salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada serentak 2020, itu sudah biasa bukan rahasia lagi," kata mantan Ketua RW, Hendryanto kepada katakabar.com di Duri, pada Jumat (30/10) siang.

Gimana mau mencegah dan mengantisipasi politik uang demi mewujudkan Pilbup tahun 2020, yang bersih dan aman. Bila oknum - oknum Ketua RT dan RW terlibat mendukung dan mengusung salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada serentak tahun 2020.

Untuk itu, diminta kepada Bawaslu Kabupaten Bengkalis benar - benar serius mengawasi dan mengambil tindakan tegas terhadap oknum - oknum yang terlibat politik uang, sehingga pelaksanaan Pilbup tahun 2020 Kabupaten Bengkalis bersih dan aman.

Jika Bawaslu Kabupaten Bengkalis, maaf santai - santai saja dan kurang peduli dengan oknum - oknum RT dan RW diduga terang - terangan mendukung dan mengusung salah satu Paslon peserta Pilbup tahun 2020 Kabupaten Bengkalis, jangan berharap Pilkada serentak tahun ini di Kabupaten Bengkalis bersih, jujur, adil dan aman, tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait