Anggota Koperasi KB Unjuk Rasa

'Ultimatum' PT Torganda dan 'Ancam' Ambil Alih Lahan Seluas 4 Ribu Hektar

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Seratusan massa anggota Koperasi Petani Sawit Karya Bakti yang berkantor di Jalan Lintas Mahato Timur Dusun III Mompa, Desa Persiapan Mahato Timur Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu gelar unjuk rasa tuntut hak atas kerugian petani sawit Koperasi Karya Bakti sebesar Rp129.168.000.000.

Selain itu, ratusan massa ultimatum dan ancam ambil lahan milik koperasi seluas 4000 hektar yang berada di areal perkebunan PT Torganda.

"Perlu kami tegaskan, anggota Koperasi Petani Sawit Karya Bakti sudah dirugikan sebesar Rp129.168.000.000. Lahan seluas 4.000 hektar milik Koperasi Karya Bakti bakal diambil alih. Kami terus menuntut hak sebagai anggota Koperasi Karya Bakti," kata Ketua Koperasi Karya Bakti versi RALB Tahun 2019, Sahbela Dalimunte kepada katakabar.com pada Jum'at (10/9) kemarin.

Berdasarkan itu ujar Sahbela, pihaknya menggesa Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kabupaten Rokan Hulu segera mencatatkan pengurus Koperasi Petani Sawit Karya Bakti yang baru versi Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) yang dilaksanakan pada 17 April 2019 lalu yang dihadiri lebih 60 persen anggota.

"Sejak RALB dilaksanakan, saya selaku Ketua Koperasi Karya Bakti terpilih, pencatatan tidak kunjung dilakukan dan kebun sawit kami terus dipanen koperasi dengan koperasi yang sama di wilayah berbeda, sehingga anggota Koperasi secara terus menerus dirugikan," jelasnya.

Dilanjutkan Sahbela, hingga saat ini menejemen perusahaan PT Torganda belum mengakui keberadaan kepengurusan Koperasi Karya Bakti versi RALB pada 17 April 2019 lalu, dan gaji mereka belum pernah diterima.

"Perlu kami tegaskan, Ketua sebelumnya Afrizal Dalimunte bukan Ketua dari pilihan anggota koperasi dan tidak ada legalitas beliau sebagai Ketua Koperasi. Dari itu, kami minta perusahaan PT Torganda mempertimbangkan hal tersebut," imbaunya.

Koperasi Sawit Karya Bhakti bukan milik Afrizal Dalimunte, tapi milik Koperasi Karya Bakti Dusun III Mompa Desa Mahato.

"Hemat kami, sepertinya kita diakal-akali dan mengaburkan kepengurusan kami yang sah," tambahnya.

Sekedar diketahui, untuk tidak menimbulkan kerumunan, Kepolisian Resor Kabupaten Rokan Hulu sigap dan berusaha menenangkan pihak kepengurusan Koperasi Karya Bakti versi Sahbela Dalimunte.

Pertemuan lanjutan telah disepakati yang di Fasilitasi pihak PT Torganda dengan menghadirkan pihak Pengurus Koperasi Sawit Karya Bhakti yang di ketuai Afrizal Dalimunte dan perwakilan kelompok Ketua Sahbela Dalimunthe dan Dinas Koperasi, UKM dan Disnakertrans Rokan Hulu, serta instansi terkait lainnya.

"Semua pihak sepakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, serta tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa, apalagi di masa pandemi ini,"

Pengamatan katakabar.com di lapangan, Waka Polres Kabupaten Rokan Hulu, Kompol Adi, Kasat Intelkam Polres Rokan Hulu, AKP Edi Sutomo, Kapolsek Tambusai Utara, AKP D Raja Napitupulu, Danramil Tambusai, Kapten Inf Lilik, menejemen pimpinan PT Torganda,  Sariman Siregar tampak mengawal dan memberikan arahan kepada massa di lokasi unjuk rasa 

Editor : Sahdan

Berita Terkait