Ups.., Penyidik Tipikor Polda Riau Telusuri Dana BOK Dinkes Rohul

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Total 23 Kepala Puskesmas (Kapus) di Kabupaten Rokan Hulu memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisiam Daerah (Polda) Provinsi Riau.

Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tersebut memangggil sekaligus memintai keterangan para Kapus Kabupaten Rokan Hulu, tentang penyaluran dana insentif Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun anggaran 2020 lalu dilakukan di Mapolres Rohul, Selasa (27/7).

Selain ke 23 Kapus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang pun diperiksa. Sedang, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul, dr Novil menunggu jadwal pemeriksaan.

"Benar, saya sudah dimintai keterangan terkait penyaluran dana insentif tersebut oleh pihak Polda Riau. Kalau Dirut RSUD Rohul belum diperiksa, boleh jadi tunggu jadwal, selebihnya sudah," kata dr Bambang Kadinkes Rohul, dr Bambang kepada katakabar.com, pada Selasa (27/7) malam.

Pemanggilan tersebut jelas Bambang, hanya bersifat klarifikasi saja. Saat disinggung, apakah interview yang dilakukan Tim Tipikor Polda Riau ada kaitannya dengan dugaan korupsi seperti dibeberapa daerah lainnya, Bambang akui tidak ada.

"Cuma klarifikasi saja memastikan penyaluran dana BOK, semua sudah disalurkan sesuai aturan yang ada," ulasnya.

Kepada wartawan,

Salah satu Kepala Puskesmas di Rokan Hulu mengakui dirinya telah memenuhi panggilan dan sudah dimintai keterangan pihak Polda Riau seputar penyaluran dana BOK.

"Benar, saya ikut dipanggil dan dimintai keterangan terkait BOK. Pemanggilan tersebut seputar klarifikasi saja," Kapuskes Rambah Hilir 1, Kus Aedi

Dana insentif BOK yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lewatKementerian Kesehatan tahun anggaran 2020 untuk operasional dan upaya pelayanan kesehatan serta manajemen Puskesmas dan rumah sakit daerah.

Informasi yang berhasil dihimpun dijadwalkan interview penerima insentif BOK ini bakal berlangsung selama tiga hari dari 27 hingga dengan 29 Juli 2021. Pemeriksaan dilakukan terdiri tiga tahap dari 22 Kapus dan Direktur RSUD Rokan Hulu.

Hingga berita ini diterbitkan pihak penyidik Tipikor Polda Riau maupun Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto belum bersedia menjawab konfirmasi katakabar.com tentang pemeriksaan Kadinkes, Dirut RSUD dan 23 Kapuskes Rohul terkait penyaluran dana BOK.

Editor : Sahdan

Berita Terkait