Usai 5 Orang Tewas, Pengelola Tol Permai Diminta Pasang Pita Kejut

Pekanbaru, Katakabar.com - Tragedi kecelakaan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai berulang kali terjadi di Riau. Terbaru, ada 5 orang yang meninggal akibat mobil Innova yang mereka tumpangi menabrak sebuah truck.

Untuk mencegah kecelakaan dan meminimalisir angka kematian, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) meminta pemasangan pita kejut di sepanjang jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

"Pemasangan pita kejut ini, sudah diusulkan dan dikoordinasikan dengan pihak pengelola Tol Permai," ujar Kasi LLAJ BPTD IV Efrimon, Kamis (14/1).

Efrimon telah mengecek lokasi lakalantas di kilometer 32 Jalur B L1 ruas Tol Permai yang terjadi beberpa waktu lalu. Saat itu, 5 orang dari 7 penumpang Toyota Innova meninggal dunia di lokasi kejadian.

Menurut hasil olah TKP kepolisian, kejadian lakalantas yang terjadi baru-baru ini, katanya diduga pengendara minibus Innova yang melaju dari arah Dumai menuju Pekanbaru mengantuk dan berkendara dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, pengemudi hilang kendali dan menabrak bagian belakang Truk. 

"Pita kejut ini akan mampu memberikan tanda-tanda kepada pengemudi saat berkendara. Sehingga, pengemudi akan lebih hati-hati," katanya.

Efrimon menyadari, jalur Tol Permai cukup rawan kecelakaan. Itu juga terlihat dari beberapa kejadian setelah diresmikan. Dengan adanya pemasangan pita kejut ini dapat mencegah kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

"Kita telah menyarankan agar pihak tol segera memasang pita kejut di titik-titik yang diduga rawan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dipasang," tuturnya. 

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait