Usulan Musrenbang Sudah Diinput Dalam SIPD, Ini Totalnya

Bengkalis, katkabar.com - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sudah tidak lagi membahas program dan kegiatan secara detail, tapi cuma melakukan pembahasan daftar usulan Desa dan Kelurahan yang diajukan dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis diwakili Pejabat Fungsional Perencana Madya Bappeda Kabupaten Bengkalis, Jondi Indra Bustian saat membuka Musrenbang Kecamatan Bengkalis Tahun Anggaran 2021, di Gedung Serbaguna Kantor Camat Bengkalis, di pekan keempat Februari 2021.

Kata Jondi, secara keseluruhan total usulan yang sudah diinput dalam SIPD sebanyak 4.916 kegiatan. Semua usulan yang diajukan bakal diproses lebih lanjut lewat tahapan verifikasi oleh mitra Bappeda, Kecamatan, OPD teknis dan persetujuan TAPD. 

"Mari jadikan Musrenbang jadi ruang diskusi untuk mendapatkan informasi terhadap usulan yang telah diajukan dalam SIPD. Forum Musrenbang bertujuan melakukan penajaman, penyelarasan dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa dan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah, jelasnya.

Kecamatan Bengkalis mendapatkan alokasi anggaran sebesar lebih kurang Rp90.324.445.359,00 miliar, alokasi anggaran diperuntukkan untuk berbagai sektor, seperti infrastruktur jalan, perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, perdagangan dan perindustrian serta sektor lainnya.

"Dengan ditetapkannya anggaran tersebut, harapannya dapat menghasilkan sebuah keputusan yang benar-benar super prioritas,  realistis dan berkualitas serta terukur berorientasi pada kepentingan masyarakat. Penetapan program prioritas Kecamatan harus benar-benar mampu menjawab permasalahan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di Kecamatan Bengkalis ini," harap Jondy.

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Zahraini mengaminkan Jondy. Untuk memajukan suatu daerah diperlukan sinergitas bersama, antara legislatif dan eksekutif mesti sama, tapi perlu diperhatikan pada Musrenbang soal anggaran dan peraturan, membangun skala prioritas dan kualitas dari pekerjaan harus diperhatikan, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait