Video Call Ganti Jam Besuk di Polres Siak

Siak, katakabar.com - Mayarakat yang ingin membesuk tahanan di sel Polres Siak, Riau, kini menggunakan fasilitas Video Call. Langkah ini dibikin guna menekan penyebaran virus Corona (Covid-19) dalam tahanan. 

Layanan itu diberi nama Bezuk Online. Tahanan hanya boleh Video Call dengan keluarganya pada Selasa dan Kamis dari Pukul 10-00 Wib sampai 14-00 Wib.

Dalam pengoperasiannya, setiap tahanan yang mengunakan aplikasi itu terlebih dahulu dipakaikan masker dan langsung dibawa ke ruangan penyidik Polres Siak. 

Selanjutnya, petugas menghubungi keluarga untuk berkomunikasi secara video call dengan penghuni sel tahanan. Setiap komunikasi video call memiliki durasi 10 menit.

Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya mengatakan, layanan video call itu dibikin untuk menjaga agar seluruh tahanan terhindar dari virus Corona.

"Layanan ini sudah mulai beroperasi Kamis kemarin. Walau tak bisa jumpa, mereka masih bisa bertatap muka. Sebab, tak ada yang dapat memastikan setiap keluarga pembesuk yang datang langsung ke Polres Siak aman dari Covid-19," kata Doddy kepada katakabar.com, Sabtu (18/4).

Doddy mengatakan, sistem jam besuk menggunakan video call ini berlaku sampai waktu tidak ditentukan. Sebab, pada dasarnya tahanan dan keluarganya tetap bisa bertatap muka. 

"Tahanan dan keluarganya juga  mengucapkan terimakasih atas kebijakan dan fasilitas yang kita siapkan. Mereka sadar bahwa apa yang kita bikin ini demi mereka juga," ujar Doddy.

Editor : Sahril

Berita Terkait