Virus Corona Tak Pengaruhi Harga Bawang di Siak

  • Reporter: Sahril
  • 11 Februari 2020, 17:09:07 WIB
  • Riau, Lingkungan, Kabar Khusus

SIAK, katakabar.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Siak memastikan isu virus corona tidak mempengaruhi harga bawang putih di daerah berjuluk 'negeri istana' tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Siak, Hendra bahwa hingga saat ini harga bawang putih masih stabil.

"Harga bawang putih masih diangka Rp36 ribu. Begitu pula dengan bawang merah. Harganya masih diangka tiga puluh ribuan. Artinya masih stabil," kata Hendra kepada katakabar.com, Selasa (11/2).

Menurut Hendra, stabilnya harga bawang di Siak karena beberapa faktor. Antara lain, stok bawang tahun sebelumnya masih mencukupi.

"Belum lagi karena bawang yang diperjualbelikan di Siak juga bukan dari luar negeri. Melainkan bawang dari lokal," katanya.

Maka itu Hendra menyebut tidak ada pengaruhnya wabah virus corona itu terhadap kenaikan harga bawang maupun harga bahan pangan lainnya di Siak.

Hal senada juga diungkapkan Desi (46) pedagang sayuran di Pasar Raya Belantik Siak. Ia mengatakan kendati harga bawang tergolong stabil, namun penjualan menurun pasca adanya isu virus tersebut sebulan terakhir.

"Kuat dugaan saya karena isu virus itu. Padahal bawang yang kita jual di pasar ini, dari lokal. Bukan dari China. Gara-gara isu virus itu, biasanya laku 30 sampai 35 kg per hari. Kini hanya sekitar 15 Kg," keluh Desi saat ditemui katakabar.com di Pasar Raya Belantik Siak.

Editor : Sahril

Berita Terkait