Walikota Firdaus Rencanakan Lockdown Kota Pekanbaru

Pekanbaru, katakabar.com - Jika situasi penyebaran Covid-19 semakin mengkhawatirkan di wilayah Pekanbaru, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT akan mengambil langkah dengan mengkarantina kota Bertuah itu.

Hal ini diungkapkan akan kekhawatirannya dengan virus mematikan asal Wuhan, China itu. "Untuk saat ini mari kita ikuti aturan yang ada, tetaplah di rumah.  Kita merencanakan lockdown kota, karantina kota, isolasi kota. Ini sedang kita persiapkan," katanya, Senin (30/3).

Menurutnya, banyak yang menjadi ancaman masuknya virus itu lebih besar ke Pekanbaru. Misalnya saja penerbangan langsung menuju Pekanbaru serta volume warga yang datang ke Pekanbaru. Untuk itu, dia ingatkan warga agar selalu waspada.

"Lockdown memiliki konsekuensi, maka konsekuensinya pemerintah harus hadir menyuplai kebutuhan logistik masyarakat. Hingga saat ini  kami sedang mendata mana yang miskin mana yang rawan miskin. Pada saat kita berlakukan isolasi kota, maka mereka full di rumah. Tidak ada lagi keluar rumah," tuturnya.

Tambahnya, jika diberlakukan lockdown maka kebutuhan masyarakat harus ditanggung pemerintah. Dan harus ada jaminan itu. "Pemerintah harus mencukupi kebutuhan khususnya kebutuhan pokok, jika karantina itu kita berlakukan," ujarnya.

Untuk itu, setakat ini Pemko Pekanbaru sedang mempersiapkan kemungkinan terjadi. "Kemudian eskalasi, kapan waktunya. Bisa dua atau tiga hari ke depan, tergantung dengan kondisi, perkembangan. Dan kita tidak boleh terlambat," tutupnya.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait