Raih Moslem Choice Award

Wow.., Irwan Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh di Indonesia

Meranti, katakabar.com - Kado indah di penghujung masa jabatan dan penghujung Tahun 2020, bagi Bupati Dua Periode Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini dapat pengakuan sebagai salah satu tokoh muslim berpengaruh di Indonesia, dianugerahkan penghargaan Moslem Choice Award 2020 pada malam penghargaan Moslem Choice Award ke 3 yang digelar di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (21/12) dua malam lalu.

Ajang Moslem Choice Award ini digelar Majalah Moslem Choice sempena ulang tahun ke 3, dengan menyeleksi tokoh-tokoh Islam nasional dan daerah yang berperan dan memberi pengaruh besar di berbagai kategori.

Tidak cuma itu, Irwan diberi pula penghargaan untuk kategori Good Governance bidang ketahanan pangan, berkat perannya yang baik sebagai Bupati dan Ketua Koalisi Pemerintah Daerah Penghasil Sagu Indonesia yang berhasil mengangkat Sagu menjadi salah satu sumber pangan nasional.

Selain mendorong ekonomi ummat, Irwan dianggap memberikan solusi ketahanan pangan umat menghadapi masalah semakin terbatasnya persediaan beras.

"Bupati Kepulauan Meranri dinilai berpengaruh besar di bidang ketahanan pangan nasional dengan mengangkat sagu sebagai salah satu sumber pangan nasional, padahal sagu nyaris ditinggalkan," ujar pembaca acara.

Pemberian award ke 3 ini rada beda dari sebelumnya, sebab berbagai pembatasan disebabkan Covid 19. Jumlah penerima yang hadir secara fisik pun dibatasi. Dari segi teknis penyerahan award, penerima diminta mengambil sendiri award yang disediakan di meja dan diminta memberikan pidato singkat.

"Hal ini untuk mengurangi semakin banyak yang memegang award ini," tambah pembawa acara.

Terima kasih atas penghargaan ini. Upaya berat mengangkat Sagu didasari keyakinan akan kearifan masyarakat lokal dalam mengembangkan tanaman sagu dan mengolahnya menjadi sumber pangan, ujar Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir dalam pidatonya.

Kata Irwan, Sagu adalah pangan asli tanah air yang menyehatkan. Kebutuhan beras kita semakin meningkat sementara produksi beras makin menurun. Sagu dapat menjadi sumber pangan yang lebih baik dari beras.

"Terima kasih kepada seluruh petani dan pelaku usaha sagu. Ucapan sama diberikan kepada pihak-pihak yang memberikan atensinya untuk pengembangan sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Meranti," jelasnya.

CEO Majalah Moeslim Choice, Usman Rizal menjelaskan, ada delapan kategori penghargaan yang diberikan, meliputi Governence Award, Ulama dan Juru Dakwah, Moeslim Entrepreneur, Inspiring Figure, Democracy Award, Man Of The Year, Life Time Achivement dan Lembaga Keuangan Syariah.

“Tahun ini adalah tahun ke tiga pemberian penghargaan yang diberikan kepada tokoh nasional dan daerah yang mampu memberikan inspirasi bagi negeri,” ujarnya.

Tokoh yang dapat penghargaan adalah mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kepala BNPB, Letjen Dony Monardo, Menpan RB, Tjahjo Kumolo, pendakwah Ustad, Khalid Basalamah, Ustazah dr Aisah Dahlan, artis Baim Wong dan Deddy Corbuzier serta sejumlah tokoh lainnya.

Kegiatan penghargaan ini ditayangkan di TVRI Nasional Rabu (23/12) pukul 18.30 WIB, malam.

Berikut penerima penghargaan Moeslim Choice Award Tahun 2020.

Kategori
Governance Award
1. Mochamad Basoeki Hadlmuljono (Menteri PUPR)
2. Tito Karnavian (Mendagri)
3. Tjahjo Kumolo (MenPAN-RB)
4. H. Herman Deru (Gubernur Sumsel)
5. H. Burhan Abdurahman (Walikota Ternate)
6. H. Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti)
7. Hj. Ratu tatu Chasanah (Bupati Serang)

Ulama dan Juru Dakwah
1. KH. Marsudi Syuhud K
2. Ustadz Khalid Basalamah
3. Ustadzah dr. Aisah Dahlan

Moeslem Entrepreneur
1. Deddy Corbuzier
2. Baim Wong
3. Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Inspiring Figure
1. Nicke Widyawati (Dirut Pertamina)
2. Ratu Dewa (Sekda Palembang)
3. Thia Yufada (Ketua TP PKK Muba)
4. M. Nuh (Ketua Dewan Pers)

Democracy Award
1. Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR RI)
2. Arsul Sani (Wakil Ketua MPR RI)
3. Puan Maharani (Ketua DPR RI)

Man Of The Year
1. Doni Monardo

Lifetime Achievement
1. H. Susilo Bambang Yudhoyono

Lembaga Keuangan Syariah
1. Mandiri Syariah
2. BNI Syariah
3. BCA Syariah.

Editor : Sahdan

Berita Terkait