Zona Merah, Satgas Covid 19 Operasi Yustisi Mulai Pekan Depan di Mandau

Duri, katakabar.com - Daerah Duri meliputi empat Kecamatan, Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau, berada di jalur Lintas Sumatera masuk kategori zona merah Covid 19.

Zona merah Covid 19 disematkan disebabkan makin meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Corona di daerah 'Mutiara Hitam' nama lain dari Duri.

Untuk menanggulangi itu, Satgas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kecamatan Mandau bakal melaksanakan Operasi Yustisi, mulai Senin (23/11) pekan depan.

Operasi Yustisi ini bertujuan untuk memaksimalkan penegakan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19.

Kesadaran masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan belum sepenuhnya dilakukan, sebab masih ada masyarakat yang belum mematuhi aturan 3M, terutama menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Pelaksanaan operasi yustisi Covid 19 nantinya, melibatkan personel dan anggota TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, UPT Puskesmas, Damkar dan UPT Dinas Perhubungan, untuk penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 berjalan maksimal.

"Saya imbau masyarakat Kecamatan Mandau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Saya risau dan khawatir terhadap penyebaran Covid 19 di Kecamatan Mandau," kata Camat Mandau, Riki Rihardi.

Kata mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Bengkalis ini, operasi Yustisi dilaksanakan nantinya mudah - mudahan dapat mendisiplinkan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid 19 di Kecamatan Mandau mekin menurun, harapnya.

Bagi masyarakat yang melanggar Protokol Kesehatan, bakal diberikan sanksi sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19.

Selain itu, Peraturan Gubernur Nomor 55 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, tambahnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait