Meranti Manfaatkan Mata Bansos Awasi Penyelewengan

Meranti, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau memanfaatkan teknologi berupa aplikasi Mata Bansos sebagai upaya mencegah penyelewengan dana bantuan sosial untuk warga kurang mampu.

"Kita berkomitmen Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 untuk warga kurang mampu tepat sasaran, cepat, tepat dan akuntable serta tidak tumpang tindih," kata  Sekda Meranti Bambang Supriyanto menjelaskan kepada Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya dalam pertemuan daring, Selasa.

Bambang menjelaskan, Pemkab Meranti mulai memanfaatkan aplikasi Mata Bansos yakni sistem yang mempermudah penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kabupaten/Kota Se-Riau.

Ia pun menjelaskan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Pemprov Riau berkolaborasi untuk membangun aplikasi “Mata Bansos”. Sistem itu untuk mempermudah penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kabupaten/Kota Se-Riau, khususnya yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau Tahun 2020.

Aplikasi monitoring dana bantuan sosial ini merupakan yang pertama di Indonesia yang mengintegrasikan data penyaluran Bansos kepada masyarakat agar penyaluran dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akuntable.

Kini, ia mengatakan Pemkab Meranti telah Login ke Aplikasi Mata Bansos Provinsi Riau namun sejauh ini masih menunggu verifikasi Dinas Sosial Provinsi Riau khususnya terkait data masyarakat penerima Bansos Provinsi Riau. Dari data yang dihimpun pihak Kecamatan dan Desa di 9 Kabupaten Se-Kabupaten Meranti jumlah penerima Bansos Covid-19 dari Pemprov sebanyak 11.350 warga.

"Saya sangat berharap Pemprov Riau selaku administrator dapat segera memverifikasi data Bansos Kepulauan Meranti di Aplikasi Mata Bansos, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat yakni penyaluran Bansos dapat segera dilakukan," beber Bambang.

Sementara itu, Sekdaprov Yan Prana, mengucapkan apresiasi kepada Pemkab Meranti yang telah cepat tanggap memanfaatkan aplikasi Mata Bansos Provinsi Riau.

"Semoga penyaluran Bansos dari Provinsi Riau kepada masyarakat penerima manfaat dapat tepat sasaran, akuntable, dan dapat tidak tumpang tindih, terima kasih kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota," pungkas Sekdaprov Yan Prana.

Editor : Anggi

Berita Terkait