Pekan Depan, Riau Sudah Dapat Lakukan Uji Swab Mandiri

Pekanbaru, katakabar.com - Pekan Depan, provinsi Riau sudah dapat melakukan uji Plymerase Chain Reaction (PCR ) atau pemeriksaan usapan lendir (swab) pasien terindikasi Covid-19 secara mandiri. Jika, alat uji yang kini tengah dipesan pemprov Riau datang dalam dalam waktu dekat ini.

Juru bicara COVID-19 Riau dr. Indra Yovi, dalam video conferense yang dilaksanakan pada Selasa (07/04) menjelaskan, jika alat yang dipesan untuk uji swab tersebut datang, maka pemeriksaan sampel tak perlu lagi dikirim ke Jakarta seperti yang selama ini dilakukan.

"Jika alat Polymerase Chain Reaction datang pada minggu ini, maka dapat langsung dilakukan kalibrasi dan jika sudah running, maka pemeriksaan swab sudah bisa dilakukan di laboratoriun Covid-19 RS Arifin Ahmad Pekanbaru," katanya.

Dengan demikian, pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus mematikan asal Wuhan, China itu dapat segera diperiksa dan hasilnya juga dapat cepat diketahui.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, menambahkan alat tersebut telah dipesan dari luar negeri. Dimana dapat menguji 100 sampel dalam satu hari.

Sementara, menurutnya saat ini alat tersebut telah berada di Singapura. "Semoga cepat sampai di Pekanbaru dan dapat segera dioperasikan. Sehingga kita tak bergantung pada Jakarta lagi," imbuhnya.

Diluar itu, Mimi juga mengharapkan kabupaten dan kota segera melakukan rapid tes dan melaporkan hasilnya. "Rapor tes telah kita distribusikan. Untuk itu kita berharap segera dilakukan pemeriksaan dan dilaporkan hasilnya," tegasnya dalam konferensi yang diikuti 72 orang tersebut.

Tak sampai disitu, Ia juga mengingatkan agar informasi penanganan jenazah Pasian Covid-19 dan prosedurnya harus diinformasikan  oleh Rumah Sakit, Tenaga Medis serta paramedis.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait