69 Dokter di Kepri Disengat Corona

Batam, katakabar.com - Tak kurang dari 69 dokter di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) disengat covid-19. Sebanyak 60 orang berada di Kota Batam, 4 di Tanjungpinang dan 2 di Bintan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kepulauan Riau dr. Rusdani, mereka yang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis itu terindikasi tertular dari pasien dan juga sesama tenaga medis. 

"Bukan berarti mereka abai memakai APD, tapi para dokter yang terpapar ini, umumnya sedang menangani lebih dari satu pasien positif Covid 19 yang menjalani perawatan di ruang isolasi," katanya, Jumat (20/11) di Batam. 

Saat ini kata Rusdani, semua dokter itu sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan. 

"Sebahagian besar kondisinya stabil. Mereka menjalani isolasi di RSKI Pulau Galang, RSUD RAT Tanjungpinang, RSUD EF Batam dan RSBP Batam. Sebahagian hasil swab berkalanya negatif. Meski begitu, masih harus menjalani karantina mandiri setelah diperbolehkan pulang ke rumah," ujarnya. 

Untuk Meminimalisir penyebaran, pihaknya kata Rusdani melarang tenaga kesehatan, khususnya dokter hingga perawat yang belum pulih untuk tidak melakukan aktivitas pelayanan. 

"Para dokter, harus benar-benar dinyatakan sembuh baru bisa kerja," katanya. 

Walau banyak banyak dokter yang terpapar Covid 19 di Kepri, Rusdani menjamin kalau Kepri tidak kekurangan dokter, lantaran jumlah dokter di Kepri memadai.

Editor : Aziz

Berita Terkait