Tentang Jiwa Petarung di Cawang Bawah

Jakarta, katakabar.com - Mata lelaki 46 tahun itu nyaris tak berkedip menengok wajah Waren Sihotang, seorang musisi muda dan pegiat jagat maya. Lelaki 43 tahun ini kebetulan duduk persis di depannya. 

Di antara mereka berdua ada juga Candra Sirait dan Doan Napitupulu, yang juga musisi muda. "Jadi apa saja yang musti kita penuhi biar bisa jadi mitra," Rudolf Naibaho mulai bertanya kepada Waren.

Lagi-lagi, ayah dua anak ini kembali serius mendengar segala penjelasan Waren tentang channel Youtube itu. "Oke, mainkan!"  kata pemilik New Hunter Pub (NHP) ini, tegas.   

Begitulah sekelumit cerita cikal bakal Channel Youtube New Hunter Haholongan (NHH) itu muncul di belantara jagat maya. Channel yang baru seumur jagung tapi sudah dijejali oleh lebih dari 12 ribu subscriber. 

"Waktu itu, sekitar akhir Maret 2020, saya dan dua teman-teman tadi diundang bang Rudolf ke rumahnya di kawasan Bekasi. Kami cerita banyak tentang dunia maya. Salah satunya channel Youtube itulah," cerita ayah tiga anak ini kepada katakabar.com melalui sambungan telepon, jelang siang tadi. Dia yang kemudian didapuk oleh Rudolf untuk mengurusi channel itu. 

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) jadi salah satu penyebab yang membikin Rudolf harus lebih putar otak. Maklum, gimana pun ceritanya, dia sudah memilih; bertahan, bangkit dan berlari meski bagi banyak orang itu mustahil. 

New Hunter Pub (NHP) yang sejak lebih dari 10 tahun lalu sudah eksis di kawasan Cawang Bawah Jakarta Timur itu, sudah jadi 'rumah kreatif' bagi banyak musisi dan sudah jadi 'rumah' pula bagi sekitar 40 karyawan yang ada, yang berasal dari suku dan agama yang berbeda. 

"Mereka sudah seperti keluarga bagi saya. Enggak mungkin gara-gara wabah ini, saya harus memecat mereka dan menghentikan kreatifitas para musisi yang rata-rata masih anak muda. Lantaran itulah, meski aktifitas NHP sementara terhenti, saya enggak mau diam begitu saja. Saya harus cari cara lain supaya kami tetap eksis. Sebab saya yakin, Tuhan selalu menyisihkan ruang solusi dalam setiap masalah apapun," wajah ayah dua anak ini nampak serius. 

Puji Tuhan kata Rudolf, orang-orang yang sudah menjadi 'keluarga'nya itu semangat saat menengok 'ayah' mereka semangat.    

"Target 4000 jam tayang bisa kami capai hanya dalam waktu dua bulan. Bagi saya ini luar biasa, sebab ini bukan pekerjaan mudah. Tapi lantaran ada mereka yang turut andil dalam perjalanan baru ini, semua menjadi terasa mudah" ujar Rudolf.     

Tak hanya menembus jam tayang yang upnormal, orang-orang muda tadi pun malah mampu menghadirkan sederet lagu-lagu baru dalam ragam genre. 

Lagu-lagu itu, ada yang sudah dilantunkan lewat livestreaming youtube maupun facebook yang rutin dilakukan selama pandemi.  

"Saya selalu berpesan kepada mereka, jujur dan teruslah jadi manusia petarung. Sebab jujur dan tampil menjadi manusia petarung, adalah modal utama dalam hidup. Biasanya, manusia petarung itu pasti multitasking, punya banyak kelebihan" katanya berfilsafat. 

Rudolf kemudian mencontohkan Nani Yusman. Tadinya perempuan 52 tahun ini hanya mengurusi dapur dan melayani pesanan tamu. 

Tapi siapa sangka, pas pandemi, Nani justru bisa tampil memukai saat didapuk jadi Master of Ceremony livestreaming NHH. "Itulah makanya saya bilang, kuncinya kemauan. Kemauan itu muncul kalau kita jadi petarung. Nani itu petarung dan saya kemudian menyematkan sebutan pada dia, "ibu segala'," kata Rudolf tertawa. 

Kini, hanya hitungan jam lagi, NHH kembali akan menampilkan para musisi muda tadi live di facebook dan youtube. 

"Mudah-mudahan publik semakin menerima kami. Sebab apa yang kami lakukan ini bukan ujug-ujug atau mengisi waktu senggang. Tapi ini adalah bentuk keseriusan kami walau sedang berada di masa sulit," ujar Rudolf. 

NHH yang rencananya akan muncul dalam versi Toton TV kata Rudolf, adalah rumah kreatif banyak orang. "Saya yakin rumah ini akan menjadi rumah yang sangat besar jika semangat mereka terus membesar dan publik kian mendukung kami," Rudolf nampak semangat. 

So, lantaran NHH adalah rumah kreatif banyak orang, tak salah jika publik terus memberikan dukungan dengan cara menekan subscribe pada channel; https://www.youtube.com/c/newhunterhaholongan/featured 
    
 

Editor : Aziz

Berita Terkait