Galeri IKM Batam Bikin Herawati Kagum

Batam, katakabar.com - Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkalis, Herawati Syahrial didampingi perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) injakkan kaki di Kota Batam, dalam rangka kunjungan ke Industri Kecil Menengah (IKM) Batam, kemarin.

Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi dan Penjabat Ketua Dekranasda Bengkalis, Herawati mengapresiasi beragam produk yang dimiliki IKM Batam Provinsi Kepulauan Riau. Salah satunya yang bikin kagum Herawati, kain batik, produk kerajinan tangan, rajut, kreasi sisik ikan, produk batok kelapa, makrame dan makanan lokal.

Pencapaian produk para IKM yang semakin berkembang banyak inovasi dan semakin kreatif. Para IKM tetap semangat dan terus berproduksi berinovasi walau pun ada pandemi Covid 19. Harapannya, para IKM untuk selalu belajar meningkatkan kompetensinya serta daya saing, ujar Asisten III Setdaprov Riau ini.

Para pelaku IKM untuk selalu berinovatif kreatif dalam pengembangan jenis produk kerajinan. Apalagi kerajinan-kerajinan punya karya seni yang bernilai tinggi dengan kearifan lokal yang digunakan sebagai bahan baku.

Untuk itu diperlukan mendorong semangat kewirausahaan para pengrajin agar semakin kreatif, inovatif, open minded, dan pandai memanfaatkan peluang pasar, kata Herawati.

Saat sesi tanya jawab bersama Disperindag dan Dekranasda Kota Batam, Kabag Prokopim Setda Bengkalis, Muhammad Fadhli pertanyakan cara pemasaran atau marketing yang dilakukan IKM Batam.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau menjelaskan, untuk membantu IKM Kota Batam dalam promosi dan penjualan di masa Pandemi Covid 19, para pelaku IKM dapat beradaptasi dengan sistem promosi dan penjualan secara online. Dimana IKM Kerajinan promosi lewat Go Shop dan IKM Makanan melalui Go Food, ceritanya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait