Soal Kebakaran Lahan PT DSI, Kajati Riau: Kalau Salah Ditindak, Tak Peduli Siapa Dibelakangnya

  • Reporter: Sahril
  • 18 Februari 2020, 21:44:53 WIB
  • Riau, Lingkungan, Kabar Khusus

SIAK, katakabar.com - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Mia Amiati mendorong kepolisian agar mengusut tuntas kasus kebakaran lahan milik PT Duta Swakarya Indah (DSI) di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak.

Pasalnya hingga saat ini, pihak kepolisan belum menetapkan satu orangpun tersangka dalam kasus Karhutla tersebut.

"Kita berharap, agar kepolisian bisa mengusut kasus ini sampai tuntas. Saya juga sudah jalin komunikasi dengan Pak Kapolda Riau soal itu. Alhamdulillah Pak Kapolda meresponnya dan bilang ke saya masih dalam proses," kata Mia di Siak, Selasa (18/2).

Mia juga mengaku PT DSI kerap dirundung masalah. Tidak hanya masalah Karhutla, soal kepemilikan lahan juga sudah beberapa kali masuk ke Kejati Riau.

"Kami akan buktikan kepada masyarakat, punya kemampuan untuk menghasut kasus PT DSI ini. Tidak peduli dianya siapa, siapa dibelakangnya, kalau bersalah, tetap kami tindak," tegas Mia.

"Pak Bupati Siak sendiri jika salah, tetap kami tindak. Tak ada ampun bagi orang yang melanggar hukum," tambahnya.

Tidak hanya untuk PT DSI kata Mia, hal yang sama juga akan berlaku kepada seluruh korporasi di Riau. Sebab menurut Mia efek jera harus diberikan kepada korporasi yang bersalah.

"Ini berlaku kepada semua korporasi. Tak ada yang dispesialkan. Semua diberlakukan sama," tegas Mia.

Sebelumnya, Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya juga mengatakan Kepolisian Daerah Provinsi Riau telah mengabil alih kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di kebun sawit PT Duta Swakarya Indah (DSI).

"Kasus itu ditangani Polda. Kita hanya membekap," kata Doddy menjawab katakabar.com, Minggu (16/2).

Bahkan kata dia, tidak hanya PT DSI, semua kasus kebakaran lahan milik korporasi, akan diambil alih Polda Riau.

"Ini tidak hanya berlaku di Siak saja. Semua daerah juga seperti itu," katanya.

Sepanjang Januari 2020, sudah 8 hektar kebun sawit milik PT DSI terbakar. Luasan itu berada di Kampung Sengkemang dan Srigemilang, Kecamatan Koto Gasib, Siak.

Editor : Sahril

Berita Terkait