Tidak Ada Calon Independen di Pilkada Siak 2020

KATAKABAR.COM, Siak - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak 2020 dipastikan tidak diikuti pasangan calon perseorangan atau independen. 

Pasalnya, hingga pendaftaran ditutup pada Minggu (23/2) kemarin, tak ada satupun bakal pasangan calon jalur independen yang mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, di Komplek Perkantoran Pemda Sei Betung, Jalan Agraria, Siak Sri Indrapura.

"Pendaftaran jalur independen ini dibuka selama lima hari, dari 19-23 Februari. Tapi tak ada yang mendaftar," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Siak, Agus Haryanto menjawab katakabar.com, Senin (24/2).

Agus menjelaskan dalam tiga bulan terakhir memang ada dua kelompok yang berkonsultasi terkait pendaftaran melalui jalur independen. Namun hingga pendaftaran ditutup tidak ada yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.

"Yang konsultasi kemarin ada dua kelompok. Atas nama Morse Tarigan dan kelompok Turyono. Tapi sampai pendaftaran ditutup, tidak ada yang menyerahkan berkas untuk mendaftar," jelas Agus.

Dengan ditutupnya tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan ini, kata Agus maka sudah dapat dipastikan Pilbup Siak 2020 tidak ada pasangan calon perseorangan atau jalur independen.

Seperti diketahui, untuk calon perseorangan (non partai) yang ingin ikut kontestasi lima tahunan tersebut harus memenuhi syarat dukungan dari masyarakat sekitar 24.000 orang, yang dibuktikan melalui fotocopy KTP dan surat pernyataan dukungan.

Editor : Sahril

Berita Terkait