Ratusan Prajurit TNI AU Latihan Perang di Siabu

Pekanbaru, katakabar.com - Latihan tempur bersandi Jalak Sakti 2020 di gelar TNI AU di Riau. Ratusan personel TNI AU terlibat dal latihan yang berlangsung di areal khusus latihan militer Siabu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Latihan gabungan ini melibatkan berbagai alat utama sistem persenjataan dari sejumlah Skadron tempur di bawah kendali panglima komando operasi wilayah I. Dimana dalam latihan pertama ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Tri Bowo Budi menjelaskan hari ini merupakan hari pertama manuver lapangan dengan agenda mission orientation training atau latihan udara lengkap.

"Disimulasikan kita lakukan penyerangan ke satu titik, lalu ada pesawat musuh menghadang dan dihancurkan oleh pesawat kita," terangnya, Senin (07/9)

Rincinya, latihan itu melibatkan jet tempur F-16 Fighting Falcon, Hawk 100/200, Helikopter Super Puma, pesawat CN-295 hingga Hercules. Dan berlangsung dengan baik hingga mendapat pujian dari Kepala Staf Angkatan Udara.

"Sedikitnya ada 690 prajurit TNI AU serta berbagai Skadron tempur dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Lanud Supadio Pontianak, Lanud Halim Perdanakusuma hingga Atang Sanjaya yang ikut dalam latihan ini," paparnya.

Sejatinya, rangkaian latihan itu telah berlangsung dalam sepekan terakhir diawali dengan berbagai persiapan matang hingga kegiatan bakti sosial TNI AU dengan membagikan bahan pangan kepada masyarakat Riau.

Sementara kegiatan puncak latihan berlangsung pada hari ini di Siabu, areal khusus latihan militer yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Pekanbaru. Selanjutnya, latihan tempur yang sama akan kembali dilanjutkan pada Selasa besok di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Editor : Anggi

Berita Terkait