Tabrak Papan, Spedboat KJE Nyaris Karam

Meranti, katakabar.com - Petaka terjadi perairan Anak Ayam Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Selasa (6/10).

Sebuah Spedboat Kepau Jaya Express alami kecelakaan sekitar pukul 09.00 WIB, pagi. Dari total 78 Orang, sebanyak 7 orang terlempar ke laut dan beruntung semua selamat," kata Kapolres Kepualauan Meranti AKBP Wimpiyanto kepada katakabar.com lewat siaran pers.

Dari laporan Satpolair Polres Kepulauan Meranti bersama Danposol serta Polsek Tebing Tinggi, Nakhkoda kapal bernama Syamsur Alias Asun, KKM juru mesin, Gopur, dan dua Kelasi atau ABK, Bangkok dan Apeng.

"Pada peristiwa laka laut tidak ada korban jiwa, total 78 orang penumpang dan awak semua selamat."

Kronologisnya, berawal Speedboat Kepau Jaya Express bertolak dari Dermaga Desa Kepau Baru sekitar pukul 6:00 WIB dengan tujuan ke Selat Panjang. Terus sekitar pukul 09.00 WIB, pas di perairan Anak Ayam Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur, menabrak sekeping papan ukuran 2,8 inci. Tapi papn tersangkut di mesin sebabkan body Speedboat miring ke kiri, ujarnya.

Lantaran Spedbood miring membuat 7 orang penumpang yang berada di atas terjatuh ke laut dan air laut. Alhamdulillah, berhasil masuk kedalam speedboat lewat jendela.

"ABK speedboat melakukan pertolongan dengan cara menaikan para penumpang yang jatuh ke atas speedboat. Terus, Nakhoda mematikan mesin untuk menstabilkan posisi kemiringan body Speedboat."

Speedboat diarahkan ke kilang sagu Ahyan, di Perairan Anak Ayam Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur," ceritanya.

Dalam upaya penyelamatan, Sat Polair Polres Kepulauan Meranti, Dit Polair Polda Riau KP 1004, Kapolsek Tebing Tinggi beserta POS AL Selat Panjang menuju ke TK. Tiba di sana, dilakukan pengecekan terhadap seluruh penumpang dan dinyatakan seluruhnya selamat.

"Speedboat Kepau Jaya Express dibawa ke Selatpanjang dengan cara dikawal oleh tim gabungan hingga Speedboat bersandar di dermaga Kedai kopi Harum Sari. Berikutnya ABK dan Penumpang diperiksa dokumen dan koordinasi dengan KSOP Selat Panjang," sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait