Petaka Pipa Gas Beracun PT SMGP Bocor di Sibanggor Julu

Panyabugan, katakabar.com - Pipa milik PT SMGP di kawasan Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, bocor mengeluarkan gas beracun, warga sekitar kocar-kacir menyelamatkan diri, pada Senin (25/1).

Bocornya Pipa milik PT SMGP, perusahaan yang bergerak di bidang panas bumi ini, sudah 4 orang warga meninggal dunia, dan dilarikan ke RSU Panyabungan. Tapi warga yang menjadi korban disebabkan menghirup gas beracu belum terdata, baik yang dirawat dan meninggal dunia, begitu dikutip dari malintangposonline.

”Warga Desa Sibanggor Julu panik, sebagian lagi warga melarikan korban ke RSU Panyabungan,” kata seorang warga bermarga Nasution di RSU Panyabungan, sempat merekam kejadian tersebut.

Dari pengamatan wartawan, mobil ambulance terus bolak- balik dari dan ke RSU-Sibanggor Julu untuk membawa korban disebabkan bocornya pipa PT SMGP.

Kepolisian, TNI, dan BPBD Mandailing Natal sudah di lokasi terjadinya pipa gas bocor

Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis sangat menyayangkan terjadinya kebocoran pipa PT SMGP. Pihak perusahaan mesti bertanggung jawab penuh atas musibah itu.

”Saya minta pihak PT SMGP fokus dulu selamatkan warga, serta kepada masyarakat saya imbau menahan diri. Ini musibah, kita hadapi dulu musibah ini,” imbaunya saat dihubungi wartawan bye selulernya.

Kata Erwin, PT SMGP fokus selamatkan warga yang jadi korban, baik yang luka terkena gas beracun. Perusaahan mesti tanggung jawab penuh.

Gas tidak bocor, bila diawasi rutin, kejadian ini musibah, tapi pihak PT SMGP lalai merawat pipanya. Kalau rutin diawasi dan dirawat tidak bakal terjadi bocor. Saya bakal turun membantu, apalagi para korban warga saya.

Kepada seluruh warga agar tenang, kita minta tanggung jawab PT SMGP. Ini murni kelalaian mereka, tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait