BKAD Bantan Taja Pelatihan Kapasitas Manajemen BUMdes

Bengkalis, katakabar.com - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Bantan taja pelatihan peningkatan kapasitas manajemen Badan usaha milik desa (BUMdes) se Kecamatan Bantan di Pantai Marina Hotel, pada Selasa (22/11).

Kegiatan dikuti 88 orang peserta dari 22 Desa yang ada di Kecamatan Bantan meliputi direktur, sekretaris, bendahara dan kepala unit BUMdes.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, Ismail mengapresiasi BKAD Kecamatan Bantan yang menginisiasi kegiatan, di mana pelaksanaannya dibagi kelas sehingga lebih fokus dengan pembedahan materim

“Dulu, saya Kepala Dinas PMD, dan saya datang kembali menjadi Plt Dinas PMD berkesempatan melihat BUMdes yang ada di Kecamatan Bantan perkembangannya sudah baik,” ujarnya.

Kata Ismail, sebenarnya kita bisa lebih maju dengan potensi desa masing-masing, salah satunya Desa Mentayan punya agrowisata sudah berkembang dapat nominasi terbaik.

"Rekan-rekan yang mempunyai peran strategis gimana mengembangkan BUMdes untuk meningkat roda ekonomi desa, dan hasil usaha bisa jadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa,” jelasnya.

Camat Bantan, Muthu Saily berharap BUMdes yang diibentuk untuk memberi sumbangsih Pendapat Asli Desa (PAD) Desa. Apalagi Unit Ekonomi Desa Simpam Pinjam (UED SP) sekarang di bawah BUMdes.

“Pengurus BUMdes mari rubah pola pikir BUMdes dapat memberikan  kontribusi kepada desa,” serunya.

Ke depan sambung Saily, kita tidak tahu dana tranfer mulai mengecil, BUMdes ini yang menjadi tumpuan utama untuk menggerakan perekonomian desa.

“Tolong kepada direktur BUMdes harus cerdik, ligat dan punya jaringan yang luas untuk mengembangkan BUMdes,” tegasnya.

Bagi BUMdes yang sudah memberikan PAD yang tinggi saya ucapkan terima kasih, seperti jangkang dan BUMdes yang lain haru seperti itu.

“BKAD tidak hanya pelatihan, bisa bidang pembangunan dan pemberdayaan untuk memberikan yang terbaik untuk Kecamatan Bantan dan Kabupten Bengkalis. Untuk itu, kepada kepala desa tolong di support BKAD kita ini, dan kepada peserta ikuti pelatihan ini dengan baik agar dapat bermanfaat untuk perkembangan Bumdesa,” imbaunya.

Sebelumnya, Ketua BKAD Kecamatan Bantan, Muhammad Zahari sekaligus anggota BPD Desa Berancah sampaikan terima kasih kepada Camat Bantan yang sudah mensupport luar biasa kepada BKAD, dan terima kasih pula kepada kepala desa se Kecamatan Bantan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami.

“BKAD yang baru saja dibentuk akhir Oktober 2022 lalu belum seumur jagung. Jika  ada salah silap mohon dimaklumi, dalam perjalanan ke depan kalau ada kurang pas tolong ditegur. BKAD pada periode kami ini mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik minimal di Kabupaten Bengkalis," harapnya.

Sekcam Bantan, Aulia Fikri, Kasi Tantib Kecamatan Bantan, Jayusni, Ketua IKD Kecamatan Bantan, Jalaludin, Analis Pemberdayaan Dinas PMD Kabupaten Bengkalis, Marvin Samudra, Kabid P2M PMD Bengkalis,Tarmizi, Korcam Pembangunan, Safri Wahyudi, Kades Berancah, Turadi, Kades Resam Lapis, Junaidi turut hadir.

Editor : Sahdan

Berita Terkait